15 Siswa MAN 1 OKU Timur Lulus PTN Favorit Jalur SNBP Tahun 2023

By Linda 04 Apr 2023, 12:01:53 WIB Kesiswaan
15 Siswa MAN 1 OKU Timur Lulus PTN Favorit Jalur SNBP Tahun 2023

15 siswa MAN 1 OKU Timur dinyatakan lulus Perguruan Tinggi Negeri Favorit melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2023. Pengumuman hasil seleksi dapat dilihat di website resmi SNBP pada hari selasa(28/3) lalu. Universitas favorit tersebut diantaranya Universitas Negeri Malang, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Sriwijaya, Universitas Lampung, UIN Raden Fatah, Politeknik Negeri Lampung, UIN Raden Intan Lampung, dan Institut Teknologi Sumatera.

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) adalah sistem seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru yang dikelola oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) bekerja sama dengan PTN. SNBP menggantikan SNMPTN dengan tujuan menyambungkan transformasi, perubahan-perubahan, dinamika-dinamika yang sudah dikembangkan melalui kebijakan Merdeka Belajar dari pendidikan dasar hingga menengah dengan transformasi yang dilakukan di pendidikan tinggi dengan Kampus Merdeka. Kebijakan penerimaan mahasiswa baru PTN akan mendorong siswa di pendidikan menengah untuk belajar secara menyeluruh, fokus kepada kemampuan penalaran, lebih inklusif dan lebih mengakomodasi keragaman peserta didik, lebih transparan, dan lebih terintegrasi.

Sesuai Permendikbudristek No. 48 Tahun 2022, SNBP meliputi prestasi akademik dan/atau non akademik dan berfokus pada pemberian penghargaan yang tinggi atas kesuksesan pembelajaran yang menyeluruh di pendidikan menengah, yaitu pemberian bobot minimal 50 persen untuk nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran dan maksimal 50 persen untuk nilai mata pelajaran pendukung program studi, prestasi, dan/atau portofolio.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment